Yang terpenting dari menulis surat lamaran adalah lembar pembukaan yang dikirm bersmaan dengan curriculum vitae (CV) seta lampiran yang dibutuhkan oleh perusahaan. Untuk membuat surat lamaran pekerjaan yang baik, sebelumnya perhatikan dulu beberapa hal sebagai berikut:
1. Jangan menulis ulang yang ada di CV
Surat lamaran seharusnya memang menjelaskan apa pencapaian kalian dan beberapa hal yang ada di CV. Namun usahakan jangan membuatnya sama dengan CV yang kalian tulis sebagai lampiran. Coba rangkum pencapaian dan data kalian dengan singkat menggunakan kata-kata yang menarik.
2. Paragraf pertama dan terakhir
Perhatikan paragraf pertama dan terakhir pada surat lamaran kerja. Pastikan bahwa paragraf awal tidak berbelit-belit dan langsung ke pokok bahasan. Paragraf awal harus jelas dan bersifat menjual. Sementara di paragraf terakhir harus terlihat tegas dan meminta mereka menghubungi jika berkenan. Jangan buat paragraf terakhir yang mengambang, terlihat tak peduli atau terlalu berharap dengan cara yang buruk.
3. Bicarakan perusahaan
Sebelum nenulis surat lamaran pekerjaan, lakukan dulu beberapa penelitian terkait perusahaan. Pihak perusahaan akan senang jika pelamar mengetahui banyak hal tentang mereka. Namun jangan berbusa-busa ketika membicarakannya. Tetap jelas dan tujukkan bagaimana perusahaan tersebut mempunyai kesan yang baik dan di bidang apa yang cocok bagi pelamar untuk dapat berkontribusi.
4. Jangan sebutkan semua kemampuan
Semua kemampuan dan keterampilan yang dimiliki pelamar tentunya sudah ada di CV yang dilampirkan. Untuk itu jangan repot-repot menyebutkan semuannya di surat lamaran pekerjaan. Sebutkan tiga atau maksimal lima saja kemapuan serta pengalaman yang dianggap terbaik dan sesuai dengan pekerjaan yang akan di lamar.
5. Tunjukkan kepribadian
Pastikan surat lamaran kerja yang ditulis dapat mencerminkan betapa antusiasnya anda untuk mendapat pekerjaan tersebut. Jangan gunakan kalimat negative dan gunakan kalimat kerja aktif yang dinamis.
6. Tanda tangani surat lamaran kerja
Kecuali menggunakan lembar lamaran kerja khusus dari perusahan atau secara online, pastikan anda menandatangani surat lamaran kerja yang dikirim. Ini mungkin terdengar kuno, namun ini menunjukkan keaslian diri anda melalui tanda tangan.
7. Presentasi surat
Meski isinya sangat menarik, namun jika surat lamaran kerja yang dibuat jelek, kotor, penuh dengan tip-ex dan salah ketik, maka nilai lamaran kerja anda akan berkurang. Untuk itu, sebelum mengirimnya, cek ulang. Minta teman atau keluarga untuk membacanya dan mencari tahu kesalahannya sebelum dikirim.
Berkas yang harus disiapkan :
Surat lamaran, pas foto, CV, ijasah/sertifikat ketrampilan, surat rekomendasi pengalaman kerja, surat keterangan/sertifikat aktivitas sosial, seminar, pelatihan dll serta kartu AK1 (kartu kuning dari disnaker setempat)

sumber: Kemnaker RI

CARA MEMBUAT SURAT LAMARAN KERJA YANG BAIK

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *