P2KPK (Pusat Pengembangan Karir dan Penempatan Kerja) yang didirikan oleh Pusat Karir (PK) Universitas Gajayana (Uniga) Malang menghadiri undangan KEMENRISTEKDIKTI dalam acara monitoring dan evaluasi mengenai presentasi akhir perguruan tinggi pemenang Hibah Pusat Karir. Acara ini berlangsung selama dua hari sejak tanggal 15-16 September 2016 di Hotel Inna Garuda Yogyakarta. P2KPK Uniga Malang ini dibentuk berdasarkan SK (Surat Keputusan) Yayasan Uniga Malang dengan no. 076/SK/Yas/IX/2015 tentang Struktur organisasi UNIGA serta pembentukan Pusat Penempatan Kerja dan Pengembangan Karir (P2KPK).
Uniga Malang merupakan salah satu perguruan tinggi yang menyajikan hibah pusat karir dalam bentuk kegiatan yang sudah diselenggarakan oleh P2KPK. Kegiatan yang terselenggara berupa presentasi baik secara oral maupun poster. Dalam acara tersebut, P2KPK Uniga Malang mempresentasikan mengenai visi misi, struktur organisasi, kegiatan yang sudah dilakukan hingga rencana kegiatan rutin yang dilakukan tim.
Dalam kesempatan ini tim P2KPK Uniga Malang banyak memperoleh informasi dan saran yang membangun dari sesama pemenang hibah pusat karir di perguruan tinggi se-Indonesia. Hal ini membuat P2KPK Uniga Malang semakin berkomitmen menjadi pusat karir yang mampu memberdayakan alumni agar mempunyai karir yang cemerlang. Komitmen ini sesuai dengan visi dari P2KPK Uniga Malang sendiri yakni Menjadi Pusat Karir yang memberdayakan, adaptif, dan Responsif terhadap Dunia Kerja.
P2KPK juga menambah wawasan dengan melakukan studi banding di pusat karir ECC Universitas Gadjahmada (UGM) Yogyakarta pada hari berikutnya. Hasil studi banding yang didapatkan adalah kegiatan berdasarkan alur kerja yang sistematis sehingga para pengguna jasa pusat karir tidak merasa kesulitan dalam mengakses layanan pusat karir. Salah satunya adalah mobile responsive.
Pembelajaran lainnya yang didapatkan adalah bahwa proses promosi pusat karir ECC UGM berdasarkan teknik digital dengan sistem teknologi yang menyesuaikan dengan generasi anak muda. Teknik promosi mengenai layanan ini juga lebih mengandalkan audio visual. Tentu saja hal in menjadikan saran dan inspirasi bagi P2KPK Uniga Malang. P2KPK Uniga Malang juga berkomitmen agar memperkenalkan layanan pusat karir yang dinamis dengan mengikuti perkembangan zaman. (ris-P2KPK)

P2KPK Uniga Malang Hadiri MONEV dan Studi Banding ke ECC Universitas Gadjah Mada

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *